Kegiatan dimulai
pukul 08.00 – 09.30 WIB dengan Peer Teaching (Simulasi Pembelajaran).
Peserta secara bergantian mempraktikkan rancangan pembelajaran yang telah
mereka susun dengan mengintegrasikan koding dan kecerdasan artifisial. Simulasi
ini menjadi ajang nyata untuk menguji kreativitas sekaligus keterampilan
pedagogik berbasis teknologi.
Dilanjutkan pada
pukul 09.30 – 10.30 WIB,
fasilitator memberikan umpan balik dan
refleksi atas pelaksanaan simulasi. Diskusi berlangsung dinamis, di
mana peserta saling memberikan masukan serta mendapatkan arahan perbaikan dari
fasilitator agar lebih siap diterapkan di kelas sebenarnya.
Setelah coffee break (10.30 – 10.45 WIB),
peserta mengikuti Tes Akhir (Post-test).
Tes ini digunakan untuk mengukur sejauh mana capaian pembelajaran yang
diperoleh peserta selama lima hari pelatihan. Banyak peserta merasa lebih
percaya diri karena mampu menjawab soal-soal yang sebelumnya terasa asing pada
pre-test hari pertama.
Usai Ishoma (12.15 – 12.45 WIB), kegiatan
berlanjut dengan Review & Refleksi
Proyek serta Rencana Tindak Lanjut. Dalam sesi ini, fasilitator
bersama panitia memfasilitasi diskusi mengenai strategi penerapan hasil
pelatihan di sekolah masing-masing. Peserta menyusun rencana implementasi, baik
dalam bentuk inovasi pembelajaran, pengembangan media digital, maupun
kolaborasi antar guru di satuan pendidikan.
Sebagai penutup,
pukul 14.15 – 15.00 WIB
dilaksanakan acara resmi penutupan. Panitia menyampaikan apresiasi atas dedikasi
dan partisipasi aktif peserta selama pelatihan. Suasana penutupan berlangsung
khidmat sekaligus penuh kebersamaan, ditandai dengan sesi foto bersama.
Dengan berakhirnya
kegiatan hari kelima, maka tuntas sudah rangkaian Pelatihan Koding dan Kecerdasan Artifisial (KKA) Batch 2 IN 1.
Para guru peserta tidak hanya memperoleh ilmu dan keterampilan baru, tetapi
juga membawa pulang semangat untuk menjadi pionir transformasi digital di
sekolah masing-masing. Selanjutnya akan berlanjut sesi OJT yang akan dijadwalkan pada bulan Agustus hingga September.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar