Minggu, 13 Juli 2025

Kegiatan Pelatihan KKA Hari Keempat

Hari keempat pelatihan Koding dan Kecerdasan Artifisial (KKA) di SMP Negeri 1 Srono menjadi momentum penting bagi para peserta untuk menampilkan kreativitas dan inovasi mereka. Setelah tiga hari sebelumnya dibekali teori, praktik, dan rancangan pembelajaran, kali ini peserta diarahkan untuk melakukan refleksi, menyiapkan proyek aksi, hingga mempraktikkan simulasi pembelajaran.

Kegiatan dibuka pukul 08.00 – 09.30 WIB dengan sesi Refleksi dan Persiapan Proyek Aksi. Peserta bersama fasilitator mendiskusikan ide-ide inovatif untuk diterapkan dalam proyek akhir, baik secara individu maupun kelompok. Suasana diskusi berlangsung aktif, menunjukkan kesiapan peserta untuk menghasilkan karya yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran.

Selanjutnya, pada pukul 09.30 – 10.30 WIB, fasilitator memandu sesi Review & Refleksi Proyek. Peserta mempresentasikan rencana proyek mereka secara singkat, kemudian mendapat umpan balik dari fasilitator. Proses ini memberikan arah perbaikan sekaligus memperkuat kualitas inovasi yang akan ditampilkan.

Setelah coffee break (10.30 – 10.45 WIB), peserta memasuki sesi inti yaitu Presentasi Proyek Aksi pada pukul 10.45 – 12.15 WIB. Dalam sesi ini, setiap peserta atau kelompok menyampaikan hasil rancangan proyek pembelajaran berbasis koding dan kecerdasan artifisial. Beberapa ide yang muncul mencakup pemanfaatan AI dalam pembuatan soal adaptif, media interaktif berbasis coding sederhana, hingga penggunaan LMS sebagai sarana asesmen digital.

Usai istirahat, sholat, dan makan siang (12.15 – 12.45 WIB), kegiatan dilanjutkan dengan sesi Peer Teaching (Simulasi Pembelajaran) pada pukul 12.45 – 14.15 WIB. Para peserta berperan sebagai guru yang mempraktikkan rancangan pembelajaran mereka di hadapan rekan-rekan lainnya. Suasana belajar simulatif ini menghadirkan pengalaman nyata sekaligus melatih keterampilan mengajar dengan integrasi teknologi.

Sebagai penutup hari keempat, fasilitator memimpin sesi Umpan Balik & Diskusi pada pukul 14.15 – 15.45 WIB. Evaluasi dilakukan terhadap simulasi pembelajaran yang telah dipraktikkan peserta. Diskusi berjalan hangat, memberikan banyak insight bagi guru untuk memperbaiki dan menyempurnakan strategi mengajar mereka di kelas.

Hari keempat meninggalkan kesan mendalam. Peserta tidak hanya belajar konsep, tetapi juga membuktikan bahwa mereka mampu berinovasi dan menerapkannya dalam praktik nyata. Dengan bekal refleksi, proyek aksi, dan peer teaching, para guru semakin percaya diri menghadapi tantangan pembelajaran abad 21.

 

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar